Tugas Tutorial 1 Strategi Pembelajaran - UT PGSD

Tugas Tutorial 1 Strategi Pembelajaran

LINK DOWNLOAD FILE DIBAWAH

Soal

1. Rancanglah sebuah kegiatan pembelajaran untuk mencapai suatu kompetensi atau tujuan pembelajaran yang diharapkan dicapai dikelas anda, jelaskan pendekatan, strategi, metode dan teknik yang anda gunakan dalam pembelajaran tersebut ?

2. Pilihlah salah satu tahap perkembangan siswa, kemudian jelaskan cara mengembangkannya ?

3. Jelaskan model-model belajar yang anda gunakan dikelas ?

4. Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor penentu dalam pemilihan strategi pembelajaran ?

5. Jelaskan karakteristik pembelajaran di sekolah dasar?


 Jawaban 

1. RANCANGAN PEMBELAJARAN
 
Sekolah
Mata Pelajaran Kelas/Semester Alokasi waktu
 
: SD Negeri Kauman II Baureno
: IPA
: VB/I
: 2x35 menit
 
A. Standar Kompetensi
1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan

B. Kompetensi Dasar
1.3 Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan
C. Indikator
Mencari informasi tentang penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.
Mempraktekkan kebiasaan hidup sehat untuk menjaga kesehatan alat pencernaan.

D. Tujuan
1. Melalui menggali informasi dengan membaca buku siswa dapat mengetahui penyakit yang berhubungan dengan alat pencernaan.
2. Melalui menggali informasi dengan membaca buku siswa dapat mengetahui kebiasaan
hidup sehat untuk menjaga kesehatan alat pencernaan.
Karakter siswa yang diharapkan : kerja keras, tanggung jawab dan jujur.


E. Materi Pembelajaran
1. Penyakit Pada Alat Pencernaan
2. Perawatan Alat Pencernaan
 
F. Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi dan penugasan
G. Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Deskripsi kegiatan Alokasi waktu
Pendahuluan Mengkondisikan siswa untuk siap 5 menit
mengikuti pembelajaran.
Guru menyapa siswa dengan salam
Guru mengajak siswa berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing dengan dipimpin oleh salah satu siswa
Guru menanyakan kabar siswa dan kehadiran siswa
Guru memberikan apersepsi dengan bertanya “siapa yang pernah sakit perut?”
Guru menjelaskan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan hari ini.
Inti Eksplorasi
Siswa yang s
mendengark edang menj
n dan mengamati guru elaskan materi dengan 50 menit
menggunakan LCD
Elaborasi
Kelas dibagi menjadi beberapa kelompok
Guru membagikan lembar kerja
Siswa mengamati guru dalam menjelaskan
kegiatan yang akan dilakukan siswa.
Setiap kelompok berdiskusi mengerjakan
lembar kerja sesuai dengan perintah yang
tertera
Perwakilan masing-masing kelompok maju
untuk membacakan hasil diskusinya.
Konfirmasi
Guru bertanya jawab tentang hal yang
belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahpahaman.
 
 

H. Media dan Sumber Belajar
1. Media Pembelajaran :
a. Materi dan gambar yang ditayangkan dengan LCD
2. Sumber Pembelajaran
Azmiyawati. Choiril , Wigati & Rohana. (2008). IPA Salingtemas 5. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

I. PENILAIAN

Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen
Mencari informasi tentang penyakit Tes isian
yang berhubungan dengan
pencernaan.
Mempraktekkan kebiasaan hidup Tes isian
sehat untuk menjaga kesehatan alat
pencernaan.


2. Dalam perkembangan siswa saya memilih perkembangan bahasa atau dikenal dengan linguistik-verbal. Pengalaman saya saat mengembangkan kemampuan bahasa di kelas rendah kelas 1 SD, saya menerapkan beberapa kegiatan stimulasi melalui kegiatan berikut ini:

·      Literasi. Mengenalkan anak pada bacaan berupa buku, majalah, poster, dan media cetak lainnya yang dapat mendukung anak untuk membaca gambar dan tulisan. Membacakan dongeng atau buku cerita kepada anak.

·      Bermain peran. Kegiatan bermain peran dapat memgembangkan perkembangan bahasa anak dengan teman sebayanya melalui bermain pura-pura anak juga mengembangkan cara berpikir dan berbicara menirukan orang dewasa.

·      Memberikan alat main yang mendukung kecerdasan anak seperti puzzle huruf dan angka, potongan-potongan huruf yang dapat disusun menjadi kata, dan sebagainya

·      Mengajak anak bermain permainan yang mengembangkan bahasanya seperti tebak gambar, bisik berantai, sing a song (menyanyikan lirik lagu selanjutnya), bermain flashcard dan sebagainya.

·      Menggunakan metode pembelajaran saintifik dengan lingkungan sekitar. Contohnya eksplorasi , kegiatan ini akan mengembangkan daya berpikir anak dan memunculkan pertanyaan-pertanyaan dan kosa kata baru untuk anak. Eksperimen dan project, kegiatan ini juga mengembangkan daya berpikir anak dalam memecahkan masalah dan terjalin komunikasi antar anak.


3.  Model-model belajar yang saya gunakan dikelas adalah

·      Belajar kolaboratif adalah suatu cara belajar antara 2 orang atau lebih dengan tujuan yang sama dan adanya ketergantungan satu sama lain. Dalam belajar kolaboratif pebelajar dapat mengembangkan pengetahuan bersama maupun pengetahuan individu.

·      Belajar kooperatif juga merupakan suatu cara belajar bekerja sama, namun para anggota belum tentu mempunyai tujuan yang sama. Antar pebelajar yang saling bantu hanya sebatas apa yang dibutuhkan oleh temannya.

·      Belajar kuantum merupakan suatu kegiatan belajar dengan suasana yan menyenangkan karena guru mengubah (mengorkestrasi) segala sesuatu yang ada di sekelilingnya sehingga pebelajar bergairah belajar.

·      Belajar tematik pada hakikatnya merupakan suatu jenis pembelajaran yang memadukan beberapa bidang studi berdasarkan suatu tema sebagai payung (kerangka isi). Dengan demikian, pebelajar diharapkan memahami hubungan antarbidang studi (mata pelajaran) secara terpadu.



4. Faktor-faktor penentu dalam pemilihan strategi pembelajaran ialah tujuan pembelajaran, jenis dan tingkat kesulitan materi pelajaran, sarana, waktu, yang tersedia, siswa dan guru.


·     
Tujuan pembelajaran menyangkut tiga kelompok perilaku yakni pengetahuan, keterampilan dan sikap

·         Bahan pelajaran apabila materi yang akan dibahas merupakan materi baru bagi siswa maka guru hendaknya memulai kegiatan pembelajaran dengan menjelaskan secara singkat atau melakukan demonstrasi yang menarik perhatian siswa.

·         Siswa yang paling berkepentingan dalam proses pembelajaran ialah siswa mengingat tujuan yang harus dicapai dari proses tersebut ialah perubahan perilaku siswa.

·         Guru setiap guru memiliki kelebihan dan keterbatasan. Sebagai contoh, di lapangan kadang-kadang ada guru yang jika menerangkan pelajaran sangat menarik perhatian siswa dan jelas. Sementara itu, ada guru lain yang walaupun menggunakan strategi pembelajaran yang sama dengan guru yang tadi, tetapi ia tidak mampu menarik perhatian siswa, bahkan cenderung membosankan.

·         Sarana (alat dan sumber), waktu dan ruangan alat yang menjadi pertimbangan kita dalam memilih dan menggunakan strategi pembelajaran ialah alat peraga, seperti peta, globe, gambar, foto, chart, grafik, dan sebagainya, serta alat-alat pelajaran, seperti alat-alat untuk praktik. 



5. Karakteristik pembelajaran di sekolah dasar dibagi menjadi dua yakni

·         Karakteristik Pembelajaran di Kelas Rendah

Esensi proses pembelajaran di kelas rendah adalah pembelajaran konkret yaitu suatu pembelajaran yang dilaksanakan secara logis dan sistematis untuk membelajarkan siswa yang berkenaan dengan fakta dan kejadian di sekitar lingkungan siswa. Pembelajaran ini dilaksanakan berdasarkan rencana pelajaran (silabus) yang telah dikembangkan oleh guru. Pembelajaran konkret lebih sesuai bila diberikan pada siswa di kelas rendah (kelas 1, 2, 3) Sekolah Dasar. Kondisi pembelajaran ini harus diupayakan oleh guru sehingga kemuauan siswa, bahan ajar, proses belajar, dan


sistem penularan semua dengan taraf perkembangan siswa

·         Karakteristik Pembelajaran di Kelas Tinggi

Esensi proses pembelajaran kelas tinggi (kelas 4, 5, 6) Sekola Dasar adalah suatu pembelajaran yang dilaksanakan secara lops daa sistematis untuk membelajarkan konsep, dan generalisai hingga penerapannya (menyelesaikan soal,menggabungkan, menghubungua, memisahkan, menyusun, mendecretkan, melipat, dan membagi). Banyak strategi belajar yang dapat digunakan dalam proses belas di kelas tinggi Sekolah Dasar, di antarannya: tanya-jawab, latihan aa1 drill, belajar kelompok, observasi atau pengamatan, inkuri, pemecatan masalah, dan diskaveri. Di kelas tinggi, siswa dapat dibimbing dengan menggunakan pembelajaran konstruktivis, artinya siswa dibimbing untuk mencari, menemukan, menggolongkan, menyuam, mengkaji, dan menyimpulkan sendiri atau berkelompok tentang substansi yang dipelajarinya




Bagi yang membutuhkan filenya bisa di download melalui tombol dibawah ini


Terima Kasih jangan lupa share dan tinggalkan komentar kalian!

No comments for "Tugas Tutorial 1 Strategi Pembelajaran - UT PGSD"